Rabu, 04 Desember 2013

Koperasi Karyawan Indosat



Koperasi Karyawan Indosat (Kopindosat)

Image
SEJARAH
Berdiri pada 15 Agustus 1984, dengan jumlah anggota sebanyak ± 800 orang dengan modal awal dari iuran anggota yang berasal dari alokasi bonus karyawan. Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Departemen Koperasi DKI Jakarta Tentang Pengesahan Koperasi Sebagai Badan Hukum No. 111/BLK/1984 tanggal 30 Nopember 1984 Tahun 2004 tepatnya tanggal 2 Maret,  terjadi penggabungan (amalgamasi) antara Kopindosat dengan Koperasi Antariksa yang merupakan Koperasi Pegawai PT. Satelindo, seiring dengan proses merger PT. Satelindo dengan PT. Indosat, Tbk. Melalui penggabungan tersebut, jumlah anggota Kopindosat bertambah menjadi ± 4000 orang.
Koperasi Pegawai PT. Indosat (KOPINDOSAT) berdiri sebagai wujud aspirasi pegawai PT. Indosat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kebersamaan diantara pegawai. Dengan komitmen untuk senantiasa berperan aktif menjadi mitra PT. Indosat dan Grup sebagai Captive dan mitra Non-Captive, Kopindosat berupaya menjadikan dirinya menjadi Koperasi yang profesional dengan tetap berpegang pada azas-azas Koperasi sebagai soko guru perekonomian nasional. Keberhasilan Kopindosat dalam mengembangkan berbagai jenis bisnis tidak terlepas dari peran koordinasi internal. Koordinasi tersebut didasari oleh Business Process yang baik, yang merepresentasikan model dan karakter masing-masing bisnis di Kopindosat. Sebagai mitra strategis Kopindosat tentunya memiliki loyalitas untuk terus menangkap setiap kebutuhan mitra maupun konsumen baik Captive maupun Non Captive.
Pertumbuhan usaha Kopindosat 5 tahun terakhir rata-rata sekitar 42%, yang memberikan keyakinan semua pihak bahwa Kopindosat adalah perusahaan yang sehat. Diusianya yang ke 25 tahun ini, Kopindosat telah menunjukan hasil yang baik dengan memberikan kontribusi keuntungan yang terus meningkat setiap tahunnya.

VISI

·         Menjadi Koperasi terbaik di Indonesia
·         Menjadi Mitra Strategis Utama dalam penjualan, distribusi, dan suport dari semua produk, jasa, dan solusi Indosat
·         Menjadi pilihan terbaik bagi pelanggan dan anggota dalam penyediaan produk, jasa dan solusi
·         Menawarkan segala produk, jasa dan solusi berkualitas

MISI

Ø  Mengembangkan dan menyediakan produk, jasa, dan solusi inovatif berkualitas yang memberikan nilai terbaik bagi anggota dan pelanggan
Ø  Memberikan hasil usaha yang kompetitif dan terus tumbuh untuk meningkatkan kesejahtaraan seluruh stakeholder
Ø  Memberikan kesempatan kepada stakeholder untuk dapat berperan aktif berpartisipasi dalam bisnis koperasi guna meningkatkan jiwa kewirausahaan.

BUDAYA

Ø  MANTAP
Melayani|Amanah|Tanggap|Produktif

Image

Nilai Perusahaan:
  • Menjadi koperasi yang bermanfaat bagi Anggota;
  • Mengutamakan pelayanan terbaik bagi Anggota;
  • Pelanggan dan Mitra Usaha;
  • Senantiasa mengutamakan kerja sama;
  • Pengelolaan secara profesional, transparan dan kehati-hatian;
  • Menjunjung tinggi prinsip dasar koperasi dengan landasan etika kerja dan etika usaha yang benar.
Faktor Kunci Sukses:
  • Mempunyai Corporate Image yang baik;
  • Mempunyai Sumber Daya Manusia (SDM) yang loyal, profesional, dan memiliki jiwa entrepreneurship;
  • Mempunyai jaringan kerjasama yang luas dan baik dengan pihak intern maupun ekstern;
  • Mempunyai Sistem Informasi dan Teknologi, serta Standart Operational Procedure yang mendukung operasional.
BISNIS

1.     Distribusi kartu telekomunikasi

Menjalankan usaha distribusi kartu telekomunikasi sejak tahun 2002, dan pada tahun 2006 menjadi MAIN DEALER produk seluler Indosat. KOPINDOSAT saat ini merupakan DEALER NASIONAL Indosat untuk pemasaran seluruh Indonesia yang didukung oleh 80 Sub-Dealer dengan sekitar 9.000 outlet dan 99 tenaga canvasser untuk aktivitas penjualan, pelayanan, retensi, dan promosi.
Produk andalan bisnis seluler KOPINDOSAT adalah :
1.      Kartu Perdana Indosat
2.      Voucher Fisik (Mentari, IM3, Starone)
3.      Voucher Elektronik (Mentari, IM3, Starone)
4.      Voucher Elektronik Lainnya
Area pemasaran kami meliputi :
1.      Jakarta
2.      Purwakarta
3.      Garut
4.      Sukabumi
5.      Padang
6.      Surabaya
7.      Kalimantan
8.      Lampung

2.      Kontruksi infrastruktur telekomunikasi

Didukung tenaga ahli profesional di berbagai bidang seperti bidang Infrastruktur Telekomunikasi, Maintenance dan Site Acquisition. Jasa Teknik KOPINDOSAT adalah Main Contractor for the Supply and Costruction of Supporting Facilities and Tower for GSM Celluler PT. Indosat, Tbk tahun 2004 dan 2005.
KOPINDOSAT telah menangani pembangunan dan maintenance tower BTS lebih dari 1.000 tower untuk Indosat, Sampoerna Telekomunikasi Indosanesia, Nokia Siemnes Network, Huawei Tech Investment, StarOne Mitra Telekomunikasi yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.
Saat ini KOPINDOSAT ditunjuk sebagai South Pasific Core Partner untuk Huawei Tech Investment dan telah menerima penghargaan Excellent Cooperation.
Kompetensi layanan Jasa Teknik KOPINDOSAT meliputi :

Pembangunan
1.      Initial Network Design (IND) and LOS MW Survey
2.      Design and Engineering Calculation
3.      Site Acquisition Process
4.      Community Permit dan IMB
5.      Shelter and Tower Supplier
6.      Mechanical and Electrical Installation
7.      Civil Construction

Pemeliharaan
1.      Maintenance CME Tower
2.      Tower Strengthen

Dismantle
·         Equipment Dismantle
Pengalaman kerja KOPINDOSAT di bidang Konstruksi Infrastruktur Telekomunikasi berdasarkan klien operator :
No.
Klien
Jumlah Site
1
IM3
93
2
Satelindo
76
3
Indosat
447
4
Sampoerna TI
22
5
Nokia Siemens Network
39
6
Huawei
729
7
Jawa Timur
221
8
Bali dan Nusa Tenggara
148
9
Sulawesi dan Papua
72

3.       Property dan Lisensi

KOPINDOSAT menawarkan mulai dari jasa konsultasi pembangunan rumah / cluster, renovasi, sampai dengan penyewaan properti.
Produk properti KOPINDOSAT meliputi :
Perumahan
KOPINDOSAT memiliki pengalaman yang cukup dalam pembangunan di beberapa kota di Jawa Timur, Jawa Barat, dan Sumatera.
Gedung Perkantoran
KOPINDOSAT saat ini mengelola dan menyewakan beberapa gedung perkantoran di Jakarta, Bogor, dan Bandung. Termasuk di dalamnya interior space dan eksterior space.
 Lisensi
KOPINDOSAT juga menawarkan jasa pengurusan perijinan seperti UU Gangguan (HO), Pengurusan IMB dan HGB dan lainnya.

4.       Jasa Boga ( catering, cafe dan toko)

1.      Catering

            KOPINDOSAT memiliki pengalaman dan kompetensi yang baik di bisnis catering. Selama lebih dari 10 tahun, bisnis katering KOPINDOSAT melayani kebutuhan makan Karyawan Indosat. KOPINDOSAT juga mengelola sejumlah kios di beberapa perkantoran Ibukota. Dengan terus melakukan inovasi bisnis, saat ini Catering KOPINDOSAT yang telah dikelola secara mandiri telah mampu melayani berbagai tipe acara mulai dari resepsi pernikahan, hajatan, meeeting dan gathering korporat.
Dengan dukungan dapur yang luas dan bersih, sertifikasi halal dari MUI, serta juru masak handal, KOPINDOSAT mampu melayani permintaan Catering untuk klien KOPINDOSAT di Jakarta dan perusahaan – perusahaan di kawasan industri Karawang.

2.      Toko Kopindosat & Cafe

KOPINDOSAT juga memiliki toko yang menyediakan kebutuhan rumah tangga untuk pelanggan baik pegawai maupun untuk umum. KOPINDOSAT juga mengelola cafe yang terletak di Gedung Indosat Pusat. Hingga saat ini KOPINDOSAT memiliki total 3 unit toko dan 2 unit cafe yang tersebar di seluruh area bisnis KOPINDOSAT

3.      Layanan Air Mineral

KOPINDOSAT siap melayani pengadaan air mineral beserta alat dispenser untuk kebutuhan perkantoran dan distribusi kebutuhan rumah tangga.

5.       Jasa Penyewaan

1.      Rental Kendaraan

Layanan jasa sewa kendaraan KOPINDOSAT telah mencakup seluruh kota di Indonesia yang hingga saat ini telah menyewakan lebih dari 350 unit kendaraan operasional dalam berbagai merk dan tipe. Layanan sewa kendaraan Kopindosat dapat menyediakan berbagai merk dan tipe kendaraan untuk operasional kantor sesuai permintaan pelanggan termasuk layanan sewa kendaraan mewah, charter bus, bus antar-jemput karyawan, kendaraan berat dan ambulance.

Selain harga sewa yang kompetitif, fleksibilitas masa sewa, dan tenaga pengemudi yang profesional, layanan sewa kendaraan KOPINDOSAT didukung oleh Traffic Management System sehingga layanan akan senantiasa didukung tenaga pengemudi pengganti, kendaraan pengganti, perbaikan kendaraan di semua bengkel mitra KOPINDOSAT, sehingga pelanggan akan lebih mendapatkan kenyamanan, efektifitas dan efisiensi.

2.      Rental Genset

Selain menyewakan kendaraan, KOPINDOSAT juga menyewakan genset. Dengan perkembangan bisnis yang sangat signifikan selama 2 tahun terakhir, maka KOPINDOSAT mengambil langkah strategus dengan menjadi salah satu agen resmi produsen Genset ternama khusunya untuk kawasan Sumatera Bagian Utara.

3.      Rental Property dan Peralatan Kantor

Properti yang disewakan oleh KOPINDOSAT antara lain :
a.       Office Lease
Yaitu terdiri atas ruko dan gedung yang antara lain terdapat di :
                                                                          i.      Ruko 3 Lantai di Jalan Pajajaran 99A Bogor
                                                                        ii.      Gedung 2 Lantai di atas lahan 700m2 di Jalan Veteran No. 40 Bekasi
                                                                      iii.      Gedung 5 Lantai di Jalan Asia Afrika No. 111 Bandung
b.      Interior Space
KOPINDOSAT menyewakan interior property untuk Galeri dan Griya Indosat
c.       Exterior Space
KOPINDOSAT menyewakan area luar ruang, anatara lain untuk Ruang ATM
d.      Mesin Fotokopi
KOPINDOSAT juga menyewakan mesin fotokopi untuk kebutuhan operasional perkantoran

6.       Marketing and Advertising Tools

1.      Printing
KOPINDOSAT merambah bisnis percetakan offset dengan kemampuan yang luas. Mesin offset printing 4 warna keluaran Jerman menjadi andalan KOPINDOSAT dalam menghasilkan produk berkualitas, mulai dari fliers hingga materi media luar ruang. Workshop kami yang berada dalam area Kantor Kopindosat, mampu menghasilkan ribuan lembar barang cetakan dalam sehari.
Produk yang KOPINDOSAT hasilkan mulai dari Billboard, Baliho, Banner, Neon Box / Shop Sign, Spanduk, Baju Branding sampai Merchandise, dengan cakupan wilayan pemasaran Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali Nusra, Sumatera Utara dan tidak menutup kemungkinan di wilayah lainnya.

2.      Marketing Channel

KOPINDOSAT juga fokus pada media palcement, media buying, dan juga media monitoring. Jasa yang ditawarkan antara lain placement dan buying media untuk TV, Radio, Majalah, Online dan juga luar ruang dengan tarif kompetitif dan pelayan menyeluruh. Dalam media monitoring, KOPINDOSAT menawarkan jasa pelaporan pemasangan iklan pelanggan KOPINDOSAT yang disesuiakan dengan planning media yang diterapkan

3.      Event Organizer

KKOPINDOSAT memiliki pengalaman menyelenggrakan event yang cukup beragam mulai dari launching produk sampai dengan gathering perusahaan. KOPINDOSAT beberapa kali dipercaya Indosat dalam menangani event gathering customer mulai dari lunch meeting, dealer gathering, sampai dengan golf gathering.

7.       Ekspedisi, Perdangangan Umum, Tour&Travel

1.    Jasa Pengiriman (Ekspedisi)
Sebagai bentuk pelayanan optimal, bisnis distribusi menyeluruh dari Sabang sampai Merauke. Kurir mandiri KOPINDOSAT yang dikelola secara profesional, setiap bulannya mampu mengantarkan 200 ribu billing pelanggan Matrix, Starone, dan IPhone dari Indosat. Komitmen yang KOPINDOSAT berikan kepada pelanggan adalah salah satunya memberikan jaminan sampai terhadap barang antaran.

2.    Perdagangan Umum
Dengan modal kerjasama eksklusif dan lisensi keagenan dari perusahaan – perusahaan pemegang merk, unit perdagangan umum KOPINDOSAT siap melakukan pengadaan barang aksesoris telekomunikasi, produk – produk elektronik, kendaraan roda dua dan roda empat, genset, charge discharge system (CDC System) dan refurbisment, kebutuhan alat tulis kantor, sepatu, dan merchandise. Selain melakukan pengadaan barang – barang tersebut, KOPINDOSAT juga mendistribusikan solar non-subsidi untuk mendukung perangkat menara BTS.

3.    Jasa Pelayanan Tiket (Tour and Travel)
Kopindosat mengembangkan sayap bisnisnya dengan membuka pelayanan penjualan tiket perjalanan bagi anggota dan juga khayalak umum. Kami melayani berbagai macam tujuan wisata dengan paket – paket menarik dan harga yang kompetitif menggunakan Kereta Api dan juga Pesawat. Selain itu, kami menawarkan pula Perjalanan Umroh dengan berbagai pilihan paket.

8.       Simpan Pinjam

Unit bisnis ini merupakan Cikal Bakal dari bisnis KOPINDOSAT. Pengalaman dimulai sejak pertama kali KOPINDOSAT berdiri. Kepercayaan dari anggota Koperasi bagi kami adalah amanah, dan kami siap melayani keperluan pembiayaan bagi anggota KOPINDOSAT dengan cepat serta menawarkan program investasi anggota dengan bagi hasil yang menarik.

Layanan Simpanan
Layanan Simpanan adalah Program investasi berjangka dari anggota Kopindosat dengan tujuan untuk meningkatkan peran aktif anggota dalam kegiatan Kopindosat dan menciptakan tambahan pendapatan tambahan bagi anggota (di luar SHU).

Layanan Pembiayaan
1.      Program Pembiayan Reguler
Pembiayaan Reguler terbagi menjadi 2 (dua), yaitu :
1.      Pembiayaan Reguler KOPINDOSAT
Pembiayaan melalui KOPINDOSAT tanpa agunan dengan plafon maksimal sebesar 10 juta rupiah dan maksimal di cicil selama 12 bulan gaji
2.      Program Pembiayaan Reguler Channeling
Pembiayaan melalui Mitra Bank dari KOPINDOSAT tanpa agunan dengan plafon maksimal sebesar 100 juta rupiah dan maksimal di cicil selama 5 tahun gaji.
2.      Program Pembiayaan Elektronik
Jenis pembiayaan dalam bentuk barang-barang elektronik rumah tangga dengan sistem potong gaji

9.       PT. Personel Ahli Daya

Perusahaan yang bergerak di bidang jasa tenaga kerja (outsourcing) yang dibentuk pada 21 April 2006, dimana Kopindosat memiliki saham sebesar 74.6% pada perusahaan ini.
Lingkup kerja PERSADA adalah mengelola jasa pekerja outsorcing dari proses seleksi calon tenaga kerja, personel administrasi penggajian, lembur, THR, cuti, insentif, Jamsostek dan lain-lain) hingga pembinaan ketenagakerjaan.
Jumlah Tenaga Kerja yang dikelola oleh PERSADA hingga saat ini untuk penempatan di seluruh wilayah Indonesia telah mencapai lebih dari 7.000 orang diseluruh Indonesia.
Cakupan bisnis PERSADA adalah sebagai berikut :
1.      Personnel Support & Office Services
1.      Daily Cleaning Services
2.      Gondola Cleaning Services
3.      Landscaping & Gardening Services
4.      Messenger Services
5.      Receptionist Services
2.      Building Maintenance & Technical Services
1.      Mechanical & Electrical Services
2.      Office Facility Management Services
3.      Power Supply Services
4.      Civil Services
5.      Security Services
3.      Security Management & Guarding Services
1.      Security Consultancy Services
2.      Corporate & Personal Review Services
3.      VIP Protection
4.      Customer Care Center Services
1.      Contact Center Services
2.      Customer Services

10.  PT. Kopindosat Tour – Travel

Kopindosat mengembangkan sayap bisnisnya dengan membuka pelayanan penjualan tiket perjalanan bagi anggota dan juga khalayak umum. Bisnis pelayanan tiket ini dikenal dengan nama PT. Kopindosat Tours-Travel didirikan pada bulan Mei 2011.
Kopindosat Tours-Travel cepat dikenal di lingkungan PT. Indosat serta Kopindosat, khususnya anggota dan karyawan yang kemudian memperkenalkan Kopindosat Tours-Travel kepada saudara, teman, dan keluarga.
Kopindosat Tours-Travel merupakan tour dan travel yang inovatif fan kreatif, melayani berbagai macam tujuan wisata dengan paket – paket menarik dan harga yang kompetitif menggunakan Kereta Api dan juga Pesawat.
Selain itu, Kopindosat Tours-Travel menawarkan juga Perjalanan Umroh dengan berbagai pilihan paket. Sebagai sebuah perusahaan jasa, Kopindosat Tours-Travel bekerjasama dengan beberapa travel terkenal memiliki berbagai jasa pelayanan meliputi :
·         Penjualan Tiket Domestik maupun Internasional, melalui berbagai Airlines.
·         Penjualan Voucher hotel Domestik dan Internasional
·         Penjualan Paket Tour Pariwisata dalam dan luar negeri
·         Penjualan Paket Umroh
·         Pengurusan Travel Dokumen (Passport, Visa).
Kopindosat Tours-Travel berkomitmen memberikan pelayanan yang baik, ramah, dan profesional untuk dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan untuk mempercayai Kopindosat Tours-Travel sebagai salah satu Jasa Pelayanan Tour Travel pilihan.

HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA
  • Mendapatkan manfaat & pelayanan atas seluruh kegiatan Koperasi;
  • Mendapatkan Sisa Hasil Usaha;
  • Partisipasi aktif terhadap seluruh kegiatan dan program Koperasi;
  • Mentaati seluruh ketentuan dan peraturan yang berlaku di Koperasi.
MANFAAT MENJADI ANGGOTA
  • Berbagai Fasilitas Pinjaman;
  • Beasiswa untuk Anak Anggota;
  • Program Persiapan Pensiun untuk Anggota;
  • Program Perumahan;
  • Simpanan Berjangka.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar